Dalam berbisnis, pasti kita akan berpikir tentang seberapa banyak barang yang akan diproduksi dan seberapa besar profit yang ingin didapatkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perusahaan harus melakukan efisiensi dalam produksinya. Maka dibutuhkan tekhnologi yang dapat membantu perusahaan agar lebih efisien. Beberapa hal yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya :
1. Internet
Internet dapat digunakan untuk pertukaran informasi, katalog produk, media promosi, surat elektronik, bulletin boards, kuesioner elektronik, dan mailing list. Internet juga bisa digunakan untuk berdialog, berdiskusi, dan konsultasi dengan konsumen secara on-line, sehingga konsumen dapat dilibatkan secara proaktif dan interaktif dalam perancangan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk. Pemasaran lewat internet ada 2 metode, yaitu push dan pull marketing.
Keunggulan strategi bisnis yang dapat diperoleh dari internet adalah komunikasi global dan interaktif; menyediakan informasi dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen; meningkatkan kerja sama; memungkinkan untuk membuka pasar, produk, atau pelayanan baru; serta mengintegrasikan aktivitas secara on-line.
Dalam perjalanannya, perusahaan mengalami berbagai perkembangan. Hal itu dapat dilihat dari grafik dibawah ini :
Grafik diatas menjelaskan bahwa perusahaan berkembang melalui beberapa tahapan. Diantaranya perkenalan (introduction), pertumbuhan (growth), kedewasaan (mature), dan penurunan (decline). Pada tahap-tahap inilah teknologi yang direkomendasikan bisa digunakan untuk mengefisiensikan proses produksi. Pada tahap perkenalan, internet bisa digunakan untuk menentukan posisi yang kuat dalam menentukan harga. Hal ini membuat perusahaan harus melakukan penelitian lingkungan pangsa pasar untuk melakukan penjualan sesuai dengan harga pasar. Dalam tahap pertumbuhan, internet bisa digunakan untuk memberikan informasi mengenai tarif, service, dan semua informasi mengenai perusahaan kepada costumer atau pelanggan, serta melakukan negosiasi penetapan tarif dan servis terhadap pelanggan, termasuk membuat proposal rate service dengan pelanggan.
2. E-commerce
Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet. Aplikasi Electronic Commerce ada 2, yaitu: Business-to-Consumer dan Business-to-Business Commerce. Pembayaran transaksi electronic commerce diatur dalam Sistem Electronic Funds Transfer, sedangkan keamanan datanya diatur oleh Secure Socket Layer yang dikembangkan menjadi Secure Electronic Transaction.
Keuntungan e-commerce :
- Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
- Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
- Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
Kekurangan e-commerce :
- Tampilannya sangat sederhana
- Barang yang dijual tidak semuanya ditampilkan
- Tampilan produknya kurang jelas
3. Mesin
Jelas kita tahu bahwa mesin merupakan alat yang berguna untuk meringankan beban manusia. Apalagi kini perkembangan teknologi mesin sangatlah pesat. Bahkan dalam hitungan bulan selalu muncul mesin-mesin yang lebih canggih. Hal ini mengakibatkan produksi suatu produk menjadi lebih efisien. Seperti contohnya produksi pupuk kompos di bawah ini :
Perusahaan | Media pemotong rumput | Lama (hari) | Total pupuk (kg) |
A | Gunting rumput | 7 | 15 |
B | Mesin pemotong rumput | 4 | 25 |
Perusahaan A, memotong rumput menggunakan gunting rumput. Hasil yang didapat, dari 7 hari pengerjaan, total 15kg pupuk yang didapat. Sedangkan perusahaan B, memotong rumput menggunakan mesin pemotong rumput. Hasil yang didapat perusahaan B lebih banyak daripada perusahaan A. Dalam 4 hari saja pupuk yang dapat dihasilkan adalah 25kg. Ini membuktikan bahwa penggunaan mesin menghasilkan pupuk yang lebih banyak dalam kurun waktu yang lebih cepat.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet, e-commerce, dan mesin lebih efisien. Bagaimana hasil yang terlihat pada perusahaan?
Dari kurva di atas dapat disimpulkan bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi seperti penggunaan internet, e-commerce, dan mesin lebih efisien.
Sumber:
Yuhefizar. 10 Jam Meng. Internet, Teknologi, dan Aplikasi. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar