Senin, 18 Oktober 2010

Ruang Lingkup Bisnis

1
1.    Definisi bisnis :
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai
(create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

2.    Tujuan bisnis :
·  Memenuhi kebutuhan hidup
         Manusia seperti yang kita ketahui merupakan makhluk konsumtif, yang memiliki berbagai kebutuhan hidup. Untuk itu bisnis hadir, dengan salah satu tujuannya yaitu menyediakan kebutuhan hidup masyarakat.
·  Memperoleh laba
         Tentu saja dalam melakukan suatu bisnis pastinya didasari keinginan mencari keuntungan. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi keuntungan yang didapat juga dapat dirasakan orang lain. Misalnya, para karyawan akan mendapat bonus apabila perusahaan mendapat laba.
·  Membuka lapangan pekerjaan
Suatu kegiatan bisnis membutuhkan orang-orang yang menjalankannya, baik sebagai staff, manager, dan lain sebagainya. Oleh karena itu bisnis akan dapat menyerap tenaga kerja.

3.    Macam-macam sistem ekonomi :
·  Sistem ekonomi tradisional
         Sistem ekonomi, yang diterapkan masyarakat jaman dahulu, dimana ketika itu, belum adanya perkembangan teknologi, dan manusia masih mengandalkan hidupnya pada sumber daya alam dan sumber daya manusia itu sendiri. Sistem ekonomi ini lebih mengutamakan kepentingan bersama, jadi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat saling membantu dengan menggunakan sistem barter.

·  Sistem ekonomi komando
        Sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat ominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut dirpoduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi.

·  Sistem ekonomi pasar
         Sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar.

·  Sistem ekonomi campuran
         Merupakan campuran dari sitem ekonomi pasar dan terpusat, dimana pihak pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi.

4.    Macam-macam sistem pasar :
·  Pasar persaingan sempurna
          Sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker).

·  Pasar persaingan tidak sempurna
         Pasar yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output di pasar.

Bentuk-pasar persaingan tidak sempurna, diantaranya :
Ø Monopoli
         Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.
Ø Oligopoli
         Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).
Ø Monopsoni
         Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal. Contoh : pabrik susu Nestle.

5.    Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi :
·  Manusia
         Tentunya manusia adalah penggerak suatu bisnis. Bisnis tidak akan berjalan apabila tidak ada manusia sebagai kreator, penggagas, yang bertujuan untuk mencapai cita-cita suatu perusahaan.
·  Modal
         Merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memulai usaha. Dapat berupa uang, sumber daya, dan sebagainya.
·  Management
        Management sangat diperlukan dalam melakukan bisnis. Management merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran yang diinginkan secara efektif dan efisien.

6.    Hakekat bisnis :
·  Terjadinya proses jual beli
          Bukan semata mencari keuntungan, tetapi bisnis juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melalui proses jual beli. Konsumen mendapat kebutuhan yang diinginkan, penjual mendapat keuntungan.
·  Membantu orang lain yang kesusahan
         Segala sesuatu di dunia ini hampir semuanya tidak dapat dipisahkan dari uang, semuanya memerlukan biaya. Bisnis memberi peluang usaha bagi masyarakat, yang nantinya memberi keuntungan, sehingga kebutuhan dapat terpenuhi.

7.    Alasan belajar bisnis :

Agar kita tidak hanya sekedar menjadi makhluk ekonomi yang pasif, hanya memikirkan kepentingan diri sendiri, tidak mengerti bagaimana kebutuhan hidup diproduksi. Tetapi juga dapat memberi peluang bagi diri sendiri dan masyarakat dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar