1. Definisi Pasar
Pasar secara umum sering di kenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang dan jasa yang bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Pasar secara konsep pemasaran adalah kelompok individual (perorangan atau kelompok) yang mempunyai permintaan terhadap barang dan jasa tertentu, daya beli, dan berniat merealisasikan pembelian.
Menurut William J. stanton (1993) pasar dapat di definisikan sebagai berikut:
“pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakanya”
2. Definisi pemasaran
Secara umum, pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenughi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
3. Jenis-jenis pasar
· Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya :
1. Pasar konkret (nyata)
2. Pasar abstrak (tidak nyata)
· Jenis pasar menurut waktu terjadinya:
1. Pasar harian
2. Pasar mingguan
3. Pasar bulanan
4. Pasar tahunan
5. Pasar temporer
· Jenis pasar menurut keleluasaan distribusi:
1. Pasar lokal
2. Pasara daerah
3. Pasar nasional
4. Pasar internasional
4. Syarat-syarat terjadinya pasar
· adanya tempat untuk berniaga
· adanya barang dan jasa untuk di perdagangkan
· terdapat penjual.
· terdapat pembeli
· adanya hubungan transaksi jual beli
5. Tujuan terbentuknya pasar
· memudahkan konsumem mendapat barang dan jasa tertentu
· memudahkan produsen menjual hasil produksinya
· meningkatkan perekonomian
· Memfasilitasi masyarakat
6. Fungsi pemasaran
Melakukan pembelian, penjualan, penyimpanan, standarisasi dan klarifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko, pendanaan, dan pengendalian informasi pemasaran.
7. Konsep pemasaran
· Konsep produksi
· Konsep produk
· Konsep pemasaran
· Konsep penjualan
· Konsep pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar