Kamis, 07 Juni 2012

Hubungan Bank dengan Asuransi Jiwa Anuitas


Bank sebagai lembaga keuangan berfungsi tidak hanya untuk mengumpulkan dana tetapi juga menyalurkan dana ke masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan penyaluran kredit (loan). Apabila seseorang ingin meminjam dana dari bank, syarat yang harus dipenuhi sangatlah banyak seperti KTP, KK, slip gaji, tagihan listrik, NPWP, dll. Untuk itu maka beberapa bank melakukan kerja sama dengan lembaga pembiayaan lainnya, tetapi ada juga bank yang mendirikan leasing, seperti agency dan leasing. Tujuaannya untuk mempermudah masyarakat atau konsumen mendapatkan bantuan dari bank sehingga fungsi bank sebsgai penyalur dana terlaksana dengan baik, karena syarat yang diajukan agency atau leasing lebih mudah, selain itu jika terjadi kredit macet maka agency atau leasinglah yang akan bertanggung jawab kepada bank.

Leasing itu sendiri adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang baik secara sewa maupun beli cicilan dalam waktu tertentu sesuai perjanjian. Konsumen dapat memperoleh barang-barang yang diinginkan dengan mudah dan cepat melalui leasing dibandingkan dengan mengajukan kredit langsung ke bank yang memiliki banyak persyaratan serta agunan yang besar. Perbedaan bank dengan leasing yaitu bank hanya memberikan pinjaman berupa dana sedangkan leasing memberikan pinjaman berupa barang.
Leasing melakukan kerjasama dengan produsen atau distributor agar memperoleh barang lebih mudah dibandingkan konsumen ingin membeli barang secara tunai. Karena biasanya leasing sudah menyerahkan uangnya ke produsen/distributor tersebut, dengan kata lain konsumen secara tidak langsung dipaksa untuk membeli barang melalui leasing sehingga biaya yang harus dikeluarkan lebih besar.

Leasing dengan cara menyewakan barang berhubungan dengan factor produksi sedangkan beli cicilan biasanya dilakukan untuk barang-barang yang bersifat konsumtif. Selisih antara tingkat suku bunga kredit leasing (i3) dengan tingkat suku bunga kredit bank (i2) menjadi profit bagi leasing, sedangkan selisih antara tingkat suku bunga kredit agency (i4) dengan tingkat suku bunga kredit bank (i2) menjadi profit agency.

Setiap barang yang dibeli secara cicil melalui leasing selalu diwajibkan untuk diasuransikan, biasanya biaya asuransi barang tersebut sudah dibebankan langsung ke biaya pembelian. Asuransi merupakan perusahaan yang akan menanggung resiko terhadap perjanjian antara lessor dengan lessee. Dalam hal ini lessee dikenakan biaya asuransi dan apabila terjadi sesuatu, maka perusahaan akan menanggung resiko sebesar sesuai dengan perjanjian terhadap barang yang dileasingkan.

Selaijn itu ada juga asuransi yang disarankan kepada konsumen, asuransi ini biasanya sudah saling bekerja sama dengan leasing sehingga kerugian yang mungkin akan diterima leasing bisa di-cover oleh asuransi tersebut. Asuransi yang digunakan leasing adalah  jenis asuransi general. Asuransi general ini biasanya untuk barang-barang yang akan dileasing.  Adapun jenis asuransi lainnya yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Asuransi  jiwa ada tiga macam yaitu asuransi berjangka, asuransi dwiguna, dan asuransi anuitas.

Asuransi berjangka merupakan suatu bentuk pertanggung yang mempunyai jangka waktu tertentu misalnya selama dua tahun, lima tahun atau lain sebagainya. Sedangkan asuransi dwiguna dibayarkan bilamana dalam jangka waktu tertentu sesorang meninggal dunia atau masih hidup. Yang terakhir adalah asuransi anuitas atau annuity yang bertujuan untuk membentuk dana agar bisa digunakan pada hari tuanya.

Sebagai contoh, Joko ingin membeli sebuah mobil melalui leasing secara beli cicilan. Kemudian pihak leasing menawarkan asuransi untuk mobil tersebut yang biasanya akan ditambahkan ke biaya leasing mobil tersebut. Namun jarang sekali pihak leasing yang juga menawarkan asuransi jiwa kepada Joko. Ini dapat menjadi inovasi marketing bagi leasing sehingga calon konsumen merasa keselamatan jiwanya dihargai.

1 komentar:

  1. bagaimana klu minjam dibank itukan ada asuarnsi yang kita bayar tiap bulan klu membayar.jadi klu sudah lunas apakah asuransi tersebut.hilang begitu saja.

    BalasHapus