Sabtu, 10 Desember 2011

Faktor dan Dampak Subsidi

Subsidi merupakan bentuk bantuan keuangan dari pemerintah yang dibayarkan kepada produsen, konsumen atau masyarakat dalam bidang tertentu. Salah satu contohnya adalah pemerintah memberikan bantuan subsidi kepada produsen dalam suatu industri tertentu, saat industri tersebut mengalami kerugian operasional, dalam rangka mencegah kejatuhan Industri tersebut atau memberikan subsidi pada beberapa komoditas penting bagi masyarakat, misalnya subsidi BBM. Subsidi juga dapat dilakukan untuk mendorong penjualan ekspor, subsidi ini diberlakukan sebagai suatu proteksi terhadap penjualan impor yang berlebih.

Dampak Subsidi Terhadap Keseimbangan Pasar
Misalkan pemerintah menetapkan subsidi pada salah satu sektor industri, subsidi yang diberikan akan mengurangi biaya produksi sehingga menyebabkan harga jual barang menurun, turunnya harga barang tersebut menyebabkan daya beli masyarakat menjadi lebih tinggi, sehingga dapat menggeser kurva penawaran seperti ditunjukkan pada kurva berikut :

Subsidi dapat menggeser kurva supply dari S menjadi S

Subsidi juga dapat dilakukan untuk mendorong penjualan ekspor, subsidi ini diberlakukan sebagai suatu proteksi terhadap penjualan impor yang berlebih. Karena apabila impor meningkat sementara pendapatan pemerintah menurun, pemerintah akan mengalami defisit. Pada akhirnya pemerintah harus meminjam uang untuk menalangi kekurangan tersebut. Pilihannya bisa pinjam luar negeri atau pinjam uang masyarakat dengan menerbitkan Surat Utang Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar