Sabtu, 10 Desember 2011

Pelaksanaan Sea Games

Dilaksanakannya Sea Games ke 26 di Indonesia, banyak membawa pengaruh  baik terhadap perekonomian Indonesia sebagai tuan rumah. Salah satunya adalah kenaikan pendapatan nasional dari jumlah investasi.
Seperti digambarkan dalam rumus berikut:
Y = C + I + G + (X – M)
Bahwa kenaikan pendapatan, akan sebanding dengan kenaikan konsumsi, investasi dan Impor. Kali ini, akan dibahas mengenai kenaikan pendapatan suatu Negara, yang akan berpengaruh pada faktor-faktor yang sebanding seperti konsumsi, investasi dan Impor sebagai dampak dari pelaksanaan Sea Games. 
·     Kenaikan Konsumsi
Sebagai tuan rumah, Indonesia perlu mempersiapkan banyak hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Sea Games. Baik berupa pembangunan stadion baru, dan perbaikan akses akses jalan yang dirasa akan berpengaruh penting terhadap pelaksanaan Sea games. Selain itu, momen Sea Games, banyak dijadikan sebagai aji mumpung bagi para pengusaha souvenir untuk memproduksi lebih banyak barang, ataupun membuka lahan bagi para pebisnis untuk menjual barang dengan tema Sea games yang jelas akan sangat diminati. Hal-hal seperti ini secara efektif dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga mengurangi tingkat pengangguran. Menurunnya tingkat pengangguran menyebabkan pendapatan per kapita dan pendapatan nasional meningkat. Kenaikan pendapatan nasional akan meningkatkan daya beli masyarakat.

 


Daya beli masyarakat yang meningkat menyebabkan terjadinya kenaikan permintaan seperti pada kurva diatas. Dahulu masyarakat hanya mampu membeli barang sebanyak  Q1, saat pendapatannya meningkat maka permintaan akan suatu barang  meningkat menjadi Q2 sehingga menggeser kurva permintaan dari D1 menjadi D2. Naiknya permintaan menyebabkan produsen memproduksi lebih banyak barang untuk menutupi permintaan, sehingga harga pun menjadi meningkat dari P1 menjadi P2.


·     Kenaikan Investasi
Meningkatnya pendapatan Negara karena pelaksanaan Sea Games juga akan meningkatkan Investasi. Hal ini tentu akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan daya beli. Bahkan investor banyak yang membuka lapangan pekerjaan baru sehingga tingkat pengangguran berkurang
·     Kenaikan Ekspor
Diselenggarakannya Sea Games yang melibatkan seluruh Negara di Asia tenggara, menyebabkan banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Ini dapat dijadikan peluang bagi Indonesia sebagai Promosi. Sehingga mampu meningkatkan devisa Negara. Selain itu, dengan banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia akan membuka peluang bagi Indonesia untuk menjadi semakin dikenal oleh Negara lain. Dengan begitu, diharapkan Indonesia dapat meningkatkan ekspor ke luar negri. Akan meningkatkan penjualan Negara sehingga akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan Negara. Apabila ekspor lebih besar dari impor maka, surplus akan terjadi.

Solusi :
Indonesia harus sering memanfaatkan momen seperti ini, karena ada banyak sekali dampak postifnya. Untuk itu, Indonesia harus mempersiapkan dan merencanakan dari jauh hari momen apa saja yang menjadi target acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar